Ekonomi Syariah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ekonomi Syariah

Post by Harris on Sat Dec 08, 2007 11:04 pm

Dari sekian banyak jenis-jenis sistem ekonomi, hati saya tergugah untuk membagi info tentang sistem ekonomi ini.
EKONOMI SYARIAH

sistem ekonomi ini berdasarkan asas al-quran serta dari contoh Rasullullah SAW, yang mengedepankan keadilan dan kejujuran pada setiap transaksi ekonomi.

sebenarnya sistem ekonomi ini sudah lama digunakan yaitu pada Baitul Mal (kas negara pada zaman Rasullullah, kalau di Indonesia namanya koperasi) dan terbukti dapat mensejahterakan rakyat serta dapat menjadi besar.

yang uniknya di sistem ekonomi syariah ini adalah:
1. tidak adanya "bunga" seperti halnya bank2 yang ada, digantikan menjadi "bagi hasil" antara perusahaan dan nasabah.
2. dalam peminjaman uang kepada bank, umumnya dikenakan "bunga" perbulan, tahun, atau bahkan hari! Dalam sistem ekonomi syariah peminjam tidak dikenakan "bunga" untuk menghindari riba.

contoh2 bank syariah di Indonesia:
1.bank muamalat
2.bank syariah mandiri
3.bank niaga syariah
4. dll

(tetapi banyaknya bank2 syariah tersebut belum 100% syariah, seperti pada peminjaman uang. tetapi umumnya pada bank syariah tersebut sudah meniadakan "bunga")

semoga artikel ini dapat menjadi renungan dan bahan pikiran bagi kita semua
sekian.

nb. maaf kalau ada bahasa yang kurang pas atau info yang kurang tepat.
avatar
Harris
Administrateur
Administrateur

Jumlah posting : 33
Age : 24
Location : 6 derajat 51'46.38" Selatan dan 107 derajat 33'23.83" Timur
Registration date : 03.12.07

Lihat profil user http://www.bestowocell.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Sheizan on Sun Dec 09, 2007 2:22 am

Saya mengerti

namun, rasanya koperasi di negara kita ini tidak didukung

memang kebanyakan koperasi didukung pemerintah, namun, pemerintah tidak rasanya belum mengadakan program untuk membuat Ekonomi syariah ini berjalan, karena kebanyakan bank di Indonesia, seperti kita tahu, pemegangnya adalah orang asing yeng lebih banyak mementingkan keuntungan sendiri.

Serta sekarang zaman sudah berubah, orang mau bertanya saja bisa dianggap mau menghipnotis, zaman ini jujur sudah susah, orang jujur pasti dihina dan dicaci maki, malah yang berbohong dipuji dan dinaikkan derajatnya. Padahal itu semua kenyataan, tapi tetap saja orang tidak mau mengakui, bila sudah begini, bagaimana kita mau maju?
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Bilawal on Mon Dec 10, 2007 6:49 pm

nah..

itu alasannya...

mengapa indonesia gak maju-maju...
avatar
Bilawal
Modérateur
Modérateur

Jumlah posting : 206
Age : 24
Registration date : 01.12.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Sheizan on Tue Dec 11, 2007 7:32 pm

Indonesia...

sibuk banget soalnya pemerintah yang gak korup nya...

udah uangnya diambil yang korup.... masih direcokin sama kita, masyarakat..

apalagi masyarakatnya lebih dari 300 juta orang, padahal lahannya nggak selebar Amerika Serikat...

cape deh xD
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by MARIO.N on Tue Dec 11, 2007 10:40 pm

brunei darusallam kan negara nya sepi penduduk...
gimana klo penduduk kita di titipin situ dulu?
avatar
MARIO.N
Administrateur
Administrateur

Jumlah posting : 111
Age : 24
Location : di dalam denliner!!
Registration date : 02.12.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Sheizan on Sat Dec 15, 2007 6:31 pm

Mending penduduk yang pengemis dijadikan tentara...

biar tentara kita banyak^^

lagian kalo penduduk banyak gini kan milisi kita jadi banyak^^
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Bilawal on Fri Dec 21, 2007 10:57 am

bner bo kt maneh...

kan org miskin kerjaannya biasanya jd buruh...

kita srh aja tuh buruh smuanya yg ad di indonesia jd tentara...

kan banyak...

lgpula kalo disatuin kt bs ngejajah negara malaysia...
avatar
Bilawal
Modérateur
Modérateur

Jumlah posting : 206
Age : 24
Registration date : 01.12.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Sheizan on Sun Dec 23, 2007 8:14 pm

Kalo semua penduduk indonesia dijadiin tentara... tentara kita lebih banyak dari amerika loh.....

masalahnya melatih melatih tentara yang efektif(bukan cuma milisi) butuh banyak biaya, jadi tentara kita masih kalah....
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Ghifari on Tue Apr 15, 2008 10:24 am

Ga juga ah....

tentara ameriki cuma mengandalkan teknologi...

Klo fisiknya sih kalah sama orang pribumi....
avatar
Ghifari
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 708
Age : 23
Location : Di rumah om Sugi
Registration date : 05.12.07

Lihat profil user http://ontajenius.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by noe_ngehe on Wed Apr 16, 2008 2:16 pm

hauahaahaha

orang2 pengangguran jadiin petugas kebersihan..

indonesia kan kotor tuh

trus sisanya dilatih jadi asasin..buat bunuhin koruptor

_________________
wakwakwaw
avatar
noe_ngehe
Modérateur
Modérateur

Jumlah posting : 813
Age : 24
Location : dimana mana
Registration date : 30.11.07

Lihat profil user http://www.friendster.com/noelennon

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Ghifari on Thu Apr 17, 2008 10:47 am

hah....

lucu sekali...

mantan pelawak..
avatar
Ghifari
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 708
Age : 23
Location : Di rumah om Sugi
Registration date : 05.12.07

Lihat profil user http://ontajenius.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Sheizan on Sat Aug 09, 2008 7:12 pm

kenapa yang diatas saya ini kayaknya gak nyambung?
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Ghifari on Fri Aug 29, 2008 1:33 pm

hah.....

Tak apa lah...

Yang jelas lebih baik orang kita membajak lahan orang saja...

Biar gag penuh2 amat....
avatar
Ghifari
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 708
Age : 23
Location : Di rumah om Sugi
Registration date : 05.12.07

Lihat profil user http://ontajenius.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Sheizan on Sun Apr 19, 2009 1:25 pm

hah -.- apa lagi itu membajak lahan orang... kayaknya ga ada hubungannya deh

oia ris... kalau ekonomi syariah gitu... kan jenis keuntungannya bagi hasil... kalau merugi bagaimana...?
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ekonomi Syariah

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik