RF CLUB

Halaman 3 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Tue Jan 08, 2008 9:32 pm

Fun and chat ya...

tapi males maen uy...

ok char saya yang lengkap ah kayak baban

Lunar: Cora, Adventurer 44, Summoner 35, Craftsman 30, Warrior 14

Eris: Cora, Warrior 14(kalo gak sala ya, lama bgt nggak maen Eris neh)

Stellar: Accretia, Warrior 14

Polaris: Bellato, Driver 30

....... JUAL SAVING INTENS GUN BOW 41 SLOT 6: 6,5 JUTA DISENA, LUNAR CORA NEGO! WM TidalRanger/MinaReisha/RockBreak !
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by d h e a on Wed Jan 09, 2008 9:14 am

pda suka maen game online ya . ! wawawawa ~
avatar
d h e a
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 335
Age : 24
Location : . hell .
Registration date : 15.12.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Fri Jan 11, 2008 1:49 am

iyaaa

sukaaaa bangeeet

hyaahyaahyaa

pokok na hidup game onlineeeee

>.<V
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by sabil ganteng on Fri Jan 11, 2008 5:52 am

hmmm

ada yg maen flyff gak????

_________________

Which Final Fantasy Character Are You?
Final Fantasy 7


weiss

keren euy,,

tapi

kapan jadi modd
avatar
sabil ganteng
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 319
Age : 23
Location : heaven
Registration date : 16.12.07

Lihat profil user http://blognyasabil.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by d h e a on Fri Jan 11, 2008 5:50 pm

g . emg yg kaya gmna ?
avatar
d h e a
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 335
Age : 24
Location : . hell .
Registration date : 15.12.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by AmoN_sHi on Fri Jan 11, 2008 7:50 pm

Mainin Id ini yah wa pensiun sementara.
Id nya : shockwave
pass : cyborg123
ini kaleng di server Lunar
avatar
AmoN_sHi
Modérateur
Modérateur

Jumlah posting : 131
Age : 24
Location : Bandung, Indonesia
Registration date : 08.12.07

Lihat profil user http://www.friendster.com/amonshi

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Sat Jan 12, 2008 12:49 am

Post ini gw ganti

ID RO saia:karay
password: Hack

ada yang maenin ini?

ternyata gw maenin jadinya ni RF id yang tadi...


Terakhir diubah oleh tanggal Tue Jan 29, 2008 9:07 pm, total 2 kali diubah
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by sabil ganteng on Sat Jan 12, 2008 2:02 pm

wahh

tq" atas IDnya

insyaallah wa maenin

_________________

Which Final Fantasy Character Are You?
Final Fantasy 7


weiss

keren euy,,

tapi

kapan jadi modd
avatar
sabil ganteng
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 319
Age : 23
Location : heaven
Registration date : 16.12.07

Lihat profil user http://blognyasabil.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Kalenk is the best on Wed Jan 16, 2008 4:01 pm

Bangsa :Kalenk
Server :Lunar ( weks Shocked )
Job :the punisher
Level :41

Pok ame2 bellato cupu2, cora eleh wae, kalenk no.1

Kalenk is the best
anak baru
anak baru

Jumlah posting : 1
Registration date : 15.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Julz™ on Thu Jan 17, 2008 8:10 pm

Bangsa : ACC
SErver : LUNAR
JOB : PUNISHER
LV : 4* (malu ah.....)

Julz™
anak biasa saja
anak biasa saja

Jumlah posting : 52
Age : 23
Registration date : 17.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Julz™ on Thu Jan 17, 2008 8:11 pm

kalenk is the best kls brpa?? apa??

Kita di dalam 1 server dan bangsa yang sama!!! Hooray.. Cool

Julz™
anak biasa saja
anak biasa saja

Jumlah posting : 52
Age : 23
Registration date : 17.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Thu Jan 17, 2008 8:13 pm

First of all, credit to LemonadeFeu and Angerstorm of RF club
awalnya saya ingin memuat ini dalam satu topik baru, tapi menurut saya hal ini hanya berhubungan dengan RF

For ranger(Accretian, Coritan, mostly Bellatian)

--------------------------------------------------------------------------------------

How To Play Ranger

Disclaimer
Info dan tips yg saya berikan di thread ini berasal dari pengalaman (baik pribadi maupun org lain), info2 yg saya kumpulkan, dan utak atik client. Oleh karena itu, maka ada kemungkinan info2 yg saya berikan mengandung kesalahan, baik itu karena perbedaan patch dgn yg sekarang, maupun memang salah beneran. Harap maklum



Sebagian besar dari player menganggap bahwa ranger adalah character yg jelek dan kurang berguna. Dgn damage yg terhitung paling kecil dari semua class, Def terendah, dan suvivability paling kecil. Belum lagi skill2nya yg tidak sevariatif melee dan spritiualis, hal ini membuat ranger dipandang sebelah mata oleh class2 lain. Dan tentunya banyak yg merasa kecewa dgn character ranger mereka.

Namun sebenarnya , ranger tidaklah sejelek itu. Bahkan ranger adalah class terbaik di dalam game ini. Hanya saja sebagian besar player tidak mengetahui bagaimana cara memainkan seorang ranger di RF. Saya sudah mencoba semua ranger dari semua bangsa (baik itu char sendiri maupun char pinjaman), jadi saya tau persis apa yg masing2 type ranger dapat lakukan.

Bagi kalian yg merasa bahwa ranger adalah class yg jelek, coba jawab bbrp pertanyaan saya di bawah ini.
1. Apakah kalian tahu bahwa perbedaan posisi tubuh musuh (depan, blakang,samping) thd kita akan menghasilkan damage yg berbeda?
2. Apakah kalian tahu bahwa jarak serang akan mempengaruhi damage yg di terima musuh?
3. Apakah kalian tahu apa maksud dari rata2 def power, nilai keberhasilan def, dan rata2 def range?
4. Apakah kalian tahu fungsi dari PT serangan jarak jauh dan PT skill?
5. Apakah kalian tahu bagaimana cara memanfaatkan kecepatan gerak ranger yg tinggi?
6. Apakah kalian tahu bahwa perbedaan level akan mengakibatkan efek berlipat ganda?
7. Apakah kalian tahu bahwa damage yg tertulis di statistik bukanlah damage kalian yg sesungguhnya?
8. Apakah kalian tahu pentingnya DEF gauge?

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, saya ingin menekankan 2 hal utama, yaitu:
a. RPG, game RFO termasuk genre ini. Role Playing Game. Game permainan Peran. Kalian harus terlebih dahulu mengetahui PERAN apa yg akan kalian mainkan sebelum kalian memutuskan untuk menggunakannya. Im a Role Player, are you too?
b. RVR game. Game ini buka game PVP, note that!!!. Ini adalah Open war antar Ras. Jangan berpikir untuk menghabisi semua musuh dan keluar sebagai Pahlawan hanya dengan seorang diri saja. Dengan sistem macro potnya, pihak developer memang bermaksud untuk tidak memungkinkan seseorang bersolo karir dan menjadi terkenal karena bisa berakting bak “RAMBO”. Team Play is an essence in this game.

Dari semua game yg pernah saya mainkan. Game ini memiliki formula dan rumus yg paling rumit dalam sistem Battlenya. Pihak developer tampaknya ingin mengadaptasikan pertarungan di dunia nyata kedalam game ini.
Ketika seorang player melakukan serangan, maka serangannya akan memiliki chance untuk mengenai salah satu dari 6 target. Yaitu kaki(feet), kaki(Leg), Badan, Tangan, Kepala, dan Perisai(apabila yg terkena adalah perisai maka damage dianggap 0). Tiap bagian tubuh akan menghasilkan damage yg berbeda. Namun target utama adalah Badan, karena di bagian inilah damage terbesar dapat dilakukan. Oleh karena itu armor badan memiliki tingkat def paling tinggi. Semakin tinggi akurasi seseorang maka akan semakin besar kemungkinannya untuk dapat menyerang bagian badan lawan dan menghasilkan damage maksimal.
Posisi tubuh lawan akan sangat mempengaruhi damage yg diterimanya. Seperti di dunia nyata, tentunya kalian akan lebih mudah untuk mengantisipasi serangan yg datang dari depan kalian daripada serangan yg datang dari sisi atau belakang kalian bukan? Nah begitu juga di RF. Serangan yg datang dari belakang akan memiliki tingkat keberhasilan terbesar dan damage tertinggi karena lawan sulit untuk mengantisipasinya. Oleh karena itu skill2 sejenis backstab memiliki damage terbesar apabila dilakukan dari belakang lawan, karena musuh benar2 tidak dapat mengantisipasi serangan tsb dan nilai keberhasilan def mereka mendekati 0. Nah itulah maksud dari nilai keberhsilan DEF. Semakin “stealth” kita menyerang, maka akan semakin kecil kemungkinan musuh untuk dapat memanfaatkan nilai keberhsilan Def nya karena dia tidak dapat mengantisipasi serangan kita.
Begitu juga dengan jarak serang. Semakin jauh jarak serang kita, maka akan semakin besar damage yg kita lakukan. Prinsipnya simple, mana sih yg lebih mudah diantisipasi, tebasan pedang atau tembakan pistol?. Ga percaya bahwa jarak serang akan menghasilkan damage yg berbeda? Kalo gitu buat apa para melee diberikan buff untuk menambah jarak serangnya dan apa gunanya senjata bertype grand bagi mereka?
Ranger dibekali dengan kecepatan gerak yg tinggi untuk memanfaatkan kedua hal ini. Kita dapat lebih mudah menempatkan posisi kita di sudut mati musuh daripada class2 lain.
Nah jika kalian bisa mengimplementasikan kedua hal ini, maka damage rangerlah yg paling terbesar dari semua class. Karena kita dapat melakukan serangan2 yg paling sulit diantisipasi oleh musuh.

PT serangan jarak jauh, selain meningkatkan damage serangan jarak jauh, juga akan meningkatkan akurasi, crit chance, stamina, dan memperkecil jarak antara minimum dan maksimum damage.
PT skill berfungsi sebagai mastery (damage,akurasi, dan kritikal chance) untuk skill2 serangan. Sebagai perumpamaan, char dgn skill FS lvl GM PT skill 20 akan melakukan damage yg sama dengan char yg memiliki FS lvl 3 PT skill 40. (Oleh karena itulah banyak yg bilang EC nya HS itu jelek karena akurasinya rendah, well sebenernya itu karena EC tidak dapat ditingkatkan lagi akurasinya karena tidak ada masterynya)
Banyak player yg saya lihat, ketika skill serangannya sudah GM, mereka lalu tidak menggunakannya lagi dengan alasan ingin meningkatkan PT serangannya terlebih dahulu. Itu adalah kesalahan yg FATAL. Kenapa?....welll.... ketika seorang char mencapai lvl 44, maka PT serangan utamanya sudah akan mencapai angka 99 (kecuali launcher). PT ini akan terkejar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun untuk PT skill, kamu hanya dapat menaikkannya dengan cara menggunakannya. Dan dengan delay skill yg cukup lama untuk tier 2 dan 3, maka PT skill akan jauh2 lebih susah untuk dinaikkan daripada PT serangan jarak jauh. Gunakanlah skill sesering mungkin mumpung masih ada momon2 yg memberikan PT skill besar dan masih mampu kalian lawan sendirian.

Untuk urusan damage yg tertulis di statistik, heheheh...mungkin kalian akan merasa iri melihat damage warrior yg lebih besar, apalagi damage BMAU dan ISIS. Namun satu hal yg perlu kalian ketahui, damage yg tertulis disitu bukanlah damage yg sesungguhnya, itu hanyalah damage dari senjata kalian+buff,sedangkan damage BMAU dan ISIS sudah merupakan damage yg sesungguhnya. Sebagai gambaran. BMAU dibawah lvl 45 memiliki DEF sekitar 2kan, Passer Alpha masih mampu menembus damage belasan point ketika menyerang BMAU ini ketika mereka mencapai damage maksimalnya. Nah jika damage kalian telah tembus belasan point maka seharusnya damage kalian yg sesungguhnya sebesar damage passer alpha. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat buku panduan RFO dan lihat berapa damage passer alpha disana. Itu apabila kalian hanya menyerang biasa, apabila menggunakan skill maka damage yg masuk akan jauh lebih besar sebab perhitungan skill berbeda dgn perhitungan damage biasa, kasarnya boleh dibilang bahwa damage skill dapat menembus sebagian DEF musuh. Itulah makanya damage ISIS ke BMAU masuknya dalem bgt, sebab damage ISIS dihitung skill, dan itulah sebabnya mengapa ranger jauh lebih efektif dalam mengatasi grazier daripada warrior, sebab ketika sebagian DEF hilang, maka evasion jauh lebih berguna.

Def gauge tampaknya adalah salah satu hal yg juga kurang diperhatikan oleh sebagian besar player. Padahal DEF gauge dapat menentukan hidup dan matinya seorang character tanker. Tahukah kalian ketika DEF gauge mencapai angka 0 maka DEF,Evasion,Blok rate, dan critical immunity char tsb akan menurun drastis hingga dapat mencapai 50%?.
Penurunan DEF gauge dihitung dari hit yg diterimanya, dan bukan dari nilai damage. Dari semua class, ranger memiliki aspd terbesar (kecuali jika gladius non tameng n warrior cora yg berbaju ranger), maka rangerlah yg paling efektif untuk menurunkan DEF gauge musuh. Apalagi tampaknya GG/Vulcan dihitung sebagai multi hit oleh DEF gauge (but it still not confirmed yet).
Sering saya lihat bbrp org warrior2 dewa yg dikeroyok oleh 5 BMAU bahkan lebih namun tidak mati2 juga. Well.....BMAU memiliki atk yg bertype “heavy damage, low accuracy, n pathetic aspd”. Pantas saja tu warrior ga mati2....DEF gaugenya full terus, coba sisipkan 2-3 org ranger saja, bukan sebagai damage dealer, namun sebagai DEF gauge Breaker, maka keadaan akan berubah total!!!!

Bow memang memiliki damage yg lebih besar daripada GG/Vulcan, namun apabila kalian bukan hunter Cora, lebih baik gunakan GG/Vulcan sebagai senjata utama kalian. Kenapa?...karena GG/Vulcan memiliki aspd yg lebih tinggi daripada Bow, dan yg paling penting adalah, GG/Vulcan memiliki efeks Stun paling lama dikarenakan multi hitnya. Dan secara alami, GG/Vulcan adalah senjata yg memiliki chance critical paling besar dari semua senjata.
Wild Shot is the Best Skill yg dimiliki oleh seorang ranger. WS memiliki AoE terbesar dari semua skill yg ada dan memiliki chance critical tertinggi dari semua skill. Bayangkan seandainya ada 10 org ranger yg dapat melakukan WS berdamage 1000 point saja masing, dan secara serentak melakukan WS, maka sebarisan launcher dapat lsg KO tanpa sempat melakukan perlawanan. Memang animasi dari WS terkesan lamban dan tidak efektif, namun sebenernya hal itu merupakan suatu keuntungan. WS memiliki animasi sekitar 2 detik. Apabila WS yg keluar adalah critical, maka selama 2 detik tsb potnya tidak akan tertrigger, dan itu bias menentukan hidup dan matinya musuhmu. Lebih jauh lagi, tahukah kalian bahwa pot tidak akan tertrigger sebelum suatu serangan yg mentriggernya belum dianggap selesai? Nah jadi jika kalian pintar memilih timing WS, maka walaupun tidak crit, pot musuh akan terhambat selama 2 detik dan ini akan memberikan waktu bagi teman2mu untuk melakukan finishing hit. Butuh latihan memang untuk mengethui kapan saat yg tepat utk menggunakan WS, namun kalo kalian sudah mahir, maka kalian akan mengetahui bahwa untuk membunuh character musuh yg bertype Defender tidaklah sesulit yg kalian bayangkan.
Masih ttg senjata. Apabila kalian memang ingin mengejar Stun Lock, maka upgradelah sebuah senjata GG/Vulcan normal ke +4 dgn chaos talic. Efek stunnya akan jauh lebih efektif daripada +2 type C GG/Vulcan. Memang damagenya akan cukup jauh berbeda….but hey…they cant use a single pot anyway, so its just fine. Lagipula, +4 normal weapon amat sangat jauh lebih murah dibandingkan +2 type C weapon. Toh yg kita incar adalah efeknya kok,,,bukan damagenya.

Equip apa sih yg harus dimiliki oleh seorang ranger?.....well..tentu saja equip2 dodge. Berikut adalah set minimal seorang ranger. Sepatu sebisa mungkin +4….jangan bikin yg intens…yg biasa aja cukup. 2 buah anting2 evasion 10. Harganya masih terjangkau oleh kantong. Sarung tangan isi akurasi, kalo bisa +4. Kepala silahkan pilih antara anti-crit atau anti-debuff.
Dengan set dodge spt diatas aja, n skill evasion GM, maka hindaran kalian telah mencapai 96….suatu angka dimana kalian sudah bisa ngemob dengan nyaman. Suatu tips untuk Buff. Usahakan agar buff kalian secepatnya mencapai lvl 4, kemudian belilah 3 acc yg memiliki efek lvl skill naik 1. Equip acc ini hanya ketika kalian akan menggunakan buff, setelah itu lepas dang anti ke acc dodge kalian. Dengan cara ini kalian sudah memiliki buff lvl GM.

Pernahkah kalian berfikir apa guna dari lvl didalam game ini? Hanya untuk meningkatkan SEDIKIT hp/fp/sp sajakah? Suatu hal yg sia2 sekali bukan apabila dibandingkan dengan perjuangan untuk menaikkannya?. Well...Sebenernya ada fungsi lain dari lvl.
Sebagai perumpamaan. Ada seorang anak kecil berumur 10 tahun melawan seseorang berumur 25 tahun. Sekuat2nya anak kecil ini, dia tetap tidak akan mampu mengalahkan lawannya tsb karena bagaimanapun juga dia tetaplah anak kecil. Dari segi ukuran tubuh dan pengalaman maka jelas akan berbeda bukan?
Nah hal yg sama diimplementasikan di RF. Ketika seseorang menyerang char yg lebih tinggi lvlnya daripada dia, maka serangan, evasion, critical rate dan defnya akan menerima penalti. Semakin jauh perbedaan lvl maka semakin besar penalty yg diterimanya. Oleh karena itu rumus damage yg diterima/dilakukan memiliki unsur perbedaan lvl. Ketika kamu menyerang 2 musuh yg berbeda lvlnya walaupun sama persis DEFnya, maka damage yg dihasilkan akan berbeda. Oleh karena itu, kenali lvl musuhmu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyerangnya atau tidak.

Nah sekarang kembali ke pertanyaan basicnya, apa sih Role ranger di dalam game ini?....Menurut saya akan sangat2 situsional. Base role kita adalah Damage Dealer Supportif. Namun kita juga bisa menjadi pure DD, full support, bahkan evasive Tanker. Semuanya tergantung dari susunan team kalian dan musuh yg dihadapi. Jadi intinya, mainkan peran yg tepat di waktu yg tepat, maka kalian akan mengetahui nikmatnya bermain ranger, dan musuh akan mengetahui bahwa ranger bukanlah class yg dapat diremehkan.
Team Play is everything in this game, bagi kalian yg doyan DOTA, maka kalian akan lebih mengerti apa yg saya maksudkan. Sebagai referensi, cobalah kalian bermain WoW dan pilihlah hunter. Di WoW, jarak adalah segalanya bagi seorang hunter, disini kalian dapat belajar bagaimana memanfaatkan jarak serang untuk keuntungan kalian. Jika kalian sudah mahir, maka kemampuan tsb dapat kalian implementasikan di RF.

Keep moving, keep running, keep jumping, n atk enemy from their blind spot. Show them the true power of a ranger.

Next thread: How To Handle Every Enemy Class.
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Julz™ on Thu Jan 17, 2008 8:14 pm

Sheizan wrote:id wa kaleng lunar dah males wa maenin
dah diganti ke cora lunar juga, cman buat warrior na...

males ngasi taw ah... tapi jarang wa maenin....

yaw da
ID: sheizan
pass: disco343

Lho koq males??? rame taw..... Hero's Roar gw aja LEVEL 3
WKKKKWKWKWKWKWKWKKWKWKWK Laughing

Julz™
anak biasa saja
anak biasa saja

Jumlah posting : 52
Age : 23
Registration date : 17.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by fantacool2 on Thu Jan 17, 2008 8:15 pm

kk nih nulis eamng gk cape y
avatar
fantacool2
anak baru
anak baru

Jumlah posting : 8
Age : 24
Registration date : 17.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by fantacool2 on Thu Jan 17, 2008 8:16 pm

aku juga punya id rf di polar seru banegt ngerusuh nya
avatar
fantacool2
anak baru
anak baru

Jumlah posting : 8
Age : 24
Registration date : 17.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Thu Jan 17, 2008 8:26 pm

How To Handle Each Enemy Class


Straight to the point

1. Grazier. Grazier di bagi dalam 2 type, Cross n Pure
Cross grazier. Kapanpun kalian melihat seorang grazier memakai armor melee, ataupun membawa2 senjata melee,,,,maka kemungkinan terbesar bahwa dia adalah seorang grazier cross. Nothing to feared from his Animus. Animus cross tidaklah sehebat animus pure class, it wont kill you,,,trust me. Jadi ketika kamu melihat char type ini, lsg serang Animusnya. Apabila animusnya mati, maka dia butuh waktu sekitar setengah jam untuk dapat mensummonnya lagi. Serangannya pun tidak akan sehebat serangan pure class, baik itu magicnya maupun serngan skill class aslinya berhubung mereka tidak memiliki skill Job n PT yg lebih rendah daripada pure class.
Dan untuk Sentinel,,, type ini adalah makanan kalian. Habiskan FPnya…..FP mereka sangat jauh berbeda dgn yg pure class (kecuali jika mereka memang konsen dengan PT Forcenya yg mana hal ini sangat jarang terjadi), maka dijamin mereka ga bisa ngeluarin skill elitenya, bahkan expertnya pun mungkin ga bisa.
Pure grazier. Nah ini yg menyakitkan. Apabila kalian menemui grazier cora, segera ganti senjata kalian ke injurer untuk melarikan diri secepatnya…ahahahaha. Ga kok,,,, usahakan jgn sampe kamu di target olehnya. Gunakan senjatamu yg memiliki efek stun tertinggi. Gunakan pelor area(explo Vulcan). N here`s where the fun begin.
Tahukah kalian bahwa animus dikategorikan sebagai monster?. Nah, untuk stun lock, player hanya menerima efek seperempat dari stun monster. Jadi apabila stun kamu 4 detik, maka player hanya akan menerima 1 detik, dan monster tidak memiliki resisten thd stun alias jauh lebih gampang di stun.
Lebih jauh lagi, apabila kalian menggunakan serangan area, maka effect dari serangan tsb akan diterima sama oleh semua yg terkena. Maksudnya, apabila target miss, maka sekitarnya akan miss, apabila taget kena maka sekitarnya akan kena, apabila taget stun, maka sekiatrnya akan stun, dan waktu stunnya akan mengikuti waktu stun dari si target!!!!!!!!!
So…..usahakan agar si grazier dan summonnya berdekatan dan masuk ke area splash damage kalian (sambil berdoa semoga kalian masih hidup sampai hal ini terjadi). Target animusnya, dan tembak. Hasilnya, 2-0 buat kalian.
Jadi pada intinya, target animusnya. Pure grazier memang dapat melakukan quick summon, namun skill ini juga memiliki delay 2 menit lebih. Setelah itu, dijamin pasti tu grazier bakalan kabur, karena kalo ga jelas dia yg bakalan tewas.
Satu hal yg perlu diketahui, grazier adalah class spiritualis yg paling lemah. Damage mereka sendiri sangatlah kecil apabila dibandingkan dgn wizard dan sejenisnya karena mereka mengorbankan kemampuan force mereka untuk animusnya. Kecil kemungkinan seorang grazier dapat membunuh tanpa bantuan animusnya.
(Note: beberapa yang saya bold di sini karena saya kurang suka dengan kesombongan grazier)

2. BMAU. Ah…sebagai ranger, ga ada yg perlu ditakutin ttg BMAU, akurasinya rendah kok, lagian movement speed kalian lebih tinggi. (works on GVG/Chaos pot mode on)

3. Warrior, well ada banyak jenis2 warrior. Disini saya akan memberikan tips secara umum aja ya.
DD warrior. Memang akan agak susah untuk menanganinya, namun stun lock dapat sangat membantu. Secara umum kemungkinan yg akan mati adalah ranger, tetapi apabila kamu memiliki eva yg tinggi, keadaan akan menjadi seri. Solo is not a good way to handle this type. Mintalah bantuan org lain.
Tank warrior. Leave it. Ga ada yg bakal mati kalo 1 on 1. Namun apabila rame, supportlah teman2mu sbg DEF gauge breaker n stun locker. Ingat penempatan posisi si sudut mati agar chance hit lebih besar.
- Punisher, [b]Stay away from this class[b], dgn web n ragenya……dalam hitungan detik ranger dapat terkapar.
-Assaulter, DPS mereka lebih tinggi daripada Punisher (apabila beraal dari gladius), namun mereka tidak memiliki skill slow/disable….jadi hit n run adalah taktik terbaik.
-Mercenary, nah yg ini sih……ga bakal ada yg mati kalo dalam 1 on 1 situation.
-Templar, hati hati dengan fury swipe nya yang mampu membuatmu terkapar, namun mereka tidak mempunyai skill disable, maka lakukanlah hit n run
-Black Knight, sama saja dengan Mercenary, mereka tidak akan mati kalau 1 on 1
-Guardian, Swiftness mungkin berbahaya, walau saya belum tahu secepat apa delay yang dikurangi

4. Striker, Dengan damage yg besar, launcher bisa melakukan 1 hit kill kepada kita. Namun apabila kamu bisa selamat dari doom blastnya, kadaan bisa berbalik (Note bahwa doom blast memiliki delay 1 menit lebih). Ntah kenapa, launcher dalam siege mode lebih gampang di critical. Lagipula mereka tidak bisa bergerak. So, kemungkinan besar kalian akan dapat mengalahkannya dengan stun lock.
Percaya atau tidak, ketika Striker masuk kedalam siege mode, maka bisa dibilang mereka sudah masuk ke PASRAH MODE. Apabila tidak mampu membunuh musuhnya, kemungkinan besar mereka yg akan mati.

5. Wizard. Hah…..kalo boleh memilih, saya pribadi lebih suka melawan grazier daripada wizard. Damage wizard luar biasa besar, dan dengan skali cast, semua buff kita lsg hilang. Belum lagi debuff2 yg lain. Sekali lagi, stun lock merupakan alternative terbaik, sesegera mungkin lsg serang dgn senjata crit terbaikmu sebelum mereka berhsil mendebuffmu.

-Warlock, jangan sampai mereka berhasil mem buff mu(apalagi dengan Hell Bless). Kamu tidak akan selamat melawan profesi dengan sihir terkuat di Novus ini, larilah saat kamu masih bisa(sebelum terkena ensnare)

6. Ranger:
-Adventurer. Damage per Hit mereka lebih besar dari HS (make bow soalnya), namun DPS mereka jauh lebih rendah. Buff mereka menambah 15% atk n bbrp point akuari (lupa angka pastinya) sedangkan HS 25% atk. HS dapat mengalahkan Adventurer apabila bermain DPS. Sentinel dpt dgn mudah mematikan kemampuan serang mereka. Dan infiltartor dpt membunuhnya dgn FS pabila timingnya tepat (ketika mereka sedang di serang).Namun, jarak ikatnya lebih jauh dari skill disabler lain
-Stealer. This one is tricky. fake deathnya sangat menyebalkan. Namun sebenernya dalam keadaan fake death, mereka tetap dapat diserang, baik dgn serangan AoE, ataupun serangan target. sebenernya dalam keadaan Fake death, kita tetap dapat mentarget meraka (ketika mereka FD, maka otomatis target akan hilang), namun agak sulit untuk mengkliknya. Sama seperti merssurection player yg tidak separty dgn kita (bagi para spessialis ress pasti ngerti maksudku). Cari targetnya di sekitar kaki atau kepala si "mayat".....titiknya memang sangat kecil, namun apabila kalian cukup teliti, maka kalian dapat menyerangnya kembali.
(satu hal lagi, stealer dari hunter mungkin kelihatannya tidak punya damage, namun di saat2 terakhirnya dia akan menghilang, hilang+evasi adalah hal yang menyebalkan)
-Dementer. Ah, yg ini memang agak merepotkan. Satu hal yg perlu kalian ketahui, Dementor membutuhkan waktu 3 detik sebelum meledak, n mereka ga bisa meledak dalam keadaan invisible. jadi begitu kalian melihat infiltartor berwarna merah, segera lari secepatnya. Selama mereka ga terlalu nempel dgn kalian, kecil kemungkinannya kalian akan mati apalagi jika lvl kalian setara dan PT def kalian besar. Setelah itu, maka si dementor akan menjadi CP gratisan bagi kalian.

Tips Pot. Ketika dalam keadaan CW ato rusuh, set pot kamu di maksimum HP.
Selalu masukkan semua skill kamu di shortcut, jangan hanya mengandalkan macro. Macro skill memiliki kelemahan, yaitu apabila salah satu skill sudah mencapai delay seperempat, maka character kamu akan bengong sesaat sambil menunggu delay skill tsb selesai baru kemudian menyerang. Hal ini akan menyia2kan DPS mu. Yg lebih parah lagi, dalam keadaan ini kemungkinan besar charactermu akan bandel alias ga mau di suruh bergerak, yg mana bisa berakibat fatal.
Selalulah selingi tiap skill yg kamu keluarkan dgn 1 tembakan biasa dalam melakukan chain atk, karena tembakan tsb tidak akan memiliki delay alias lsg keluar(memang ada timingnya, dan perlu sedikit latihan). Hal ini tidak akan dapat kamu lakukan apabila menggunakan macro. Dengan cara ini DPS yg kamu hasilkan akan jauh lebih besar.

Mencoba menjawab bbrp pertanyaan ttg survivability ranger. Well…seperti yg saya tekankan di post pertama, game ini adalah RVR. Jgn berharap terlalu tinggi untuk dapat bersolo karier di game ini. Kita ranger memang memiliki kemampuan suvibability yg rendah, dan kita harus menerima hal itu!!!!!!!!
Namun bukan berarti tidak ada cara sama sekali untuk meningkatkan kemampuan survival kita. Seperti dengan cara meningkatkan PT jarak dekat sehingga dalam keadaan terdesak, kita dapat mengganti armor ke melee.
Untuk masalah ensnare dan sejenisnya, well…bagi sebgaian besar pure class ranger , hal ini memang menjadi masalah. Oleh karena itulah kita membutuhkan team untuk menjaga kita, terutama spiritualis untuk mengatasi hal itu.
Namun jika kalian tetap bersikeras untuk bersolo karier, maka kalian harus rela mengorbankan biaya untuk membeli cure charger dari item mall. This will solve the problem. Kalo kalian mau sedikit bersabar, di patch berikutnya cure charger akan dijual di NPC setiap bangasa (namun delaynya lebih lama daripada cure charger item mall)

Next:
Role ranger at CW
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Thu Jan 17, 2008 8:28 pm

Ah.....baiklah, berhubung masih banyak yg merasa kesulitan untuk menerapkan apa yg saya tuliskan di guide pertama, saya akan jelaskan lebih lanjut di thread ini.
(akan lebih baik memang jika ada video klip, namun saya dah muter2 nyari ga ketemu juga, ada yg bisa bantu ga?...ato kalo ga, ada yg tau caranya bikin klip2 kek gitu?, pake software apakah itu?)

Untuk memaksimalkan potensi seorang ranger, dibuthkan latihan dan usaha yg cukup keras. But its worth, kalo kalian bisa mencapainya, maka saya jamin ranger akan ditakuti oleh lawan, dan disegani oleh kawan.

Berikut bbrp tips untuk melatih dan memanfaatkan potensi ranger:

- Penguasaan medan. Seorang ranger terlatih harus memiliki penguasaan medan yg baik. Sebab, sesuai namanya, istilah ranger sering dipakai untuk org2 yg menguasai suatu medan/alam liar (inget, cowboy, penjelajah, perambah hutan, petualang dll semuanya dikategorikan sebagai seorang ranger). Liat aja tugas2 utama ranger, scouting,sniping dll...semuanya membutuhkan penguasaan medan tingkat tinggi bukan?
Oleh karena itu, jelajahilah setiap inchi map dengan teliti, gambar peta2 tsb di dalam kepala kalian. Buat karakter2 bangasa lain agar kalian bisa lebih mengenal map2 bangsa2 lain.

Skrg...apa gunanya penguasaan medan bagi seorang ranger? Gunanya sangat2 banyak sekali.
Dalam scouting, jelas sekali fungsinya. Kalian bisa mengintai musuh dari tempat2 yg aman.
Dalam melarikan diri, kalian akan memiliki kesempatan hidup jauh lebih besar kalo kalian menguasai medannya.
Dalam pengejaran....apalagi........

Menurut pengalaman saya, 90% kemungkinan, musuh yg melarikan diri ga akan sempat meilhat peta terlebih dahulu. Pada umumnya mereka akan lari ke arah dimana yg musuhnya paling sedikit ato tidak ada yg menghadangnya. Namun hal ini sebenarnya dapat membuat mereka lari ke arah jalan buntu. Jika kalian hanya mengejarnya dgn cara mengekorinya dari belakang, kecil kemungkinan kalian dapat membunuh target karena kalian akan terus berada dibelakangnya!!!!!!!!!!! Dia muter kalian ikut muter, dia belok kalian ikut belok....its so not efektif.
Seorang ranger yg terlatih, akan dapat dengan cepat membaca situasi, kemudian memblok jalan keluar musuh. Bahkan lebih baik lagi, menggiring musuh ke jalan buntu. Dan ketika musuh menyadarinya, semuanya sudah terlambat, dia telah terkepung.
Be at the right place, at the right moment.

- Headshot...heheh...hal ini memang tidak saya tuliskan di post pertama (sebenernya sih ingin saya simpen sendiri...tapi melihat semangat kalian...jadi yah terpaksa saya bagikan....dengan senang hati tentunya heheheh). Stun adalah suatu serangan yg berhasil mengenai kepala musuh (that’s why they place chaos talic at headpiece). Dan lebih baik lagi.....chance stun akan lebih besar jika kalian menyerang dari tempat yg lebih tinggi!!!! (it’s a lot easier to snipe from higher ground right?) Jadi, kapanpun kalian melihat dataran tinggi, naikilah. Karena , dengan berdiri di tempat yg lebih tinggi dari musuhmu, kamu telah meningkatkan jarak serangmu (secara garis lurus memang sama, namun apabila dihitung total vertikal horizontal n diagonalnya maka akan berbeda, dan ini diperhitungkan!!!) yg mana akan meningkatkan damagemu n chance critmu. Manfaatkan lingkungan untuk keuntunganmu, itu adalah satu kelebihan utama ranger.

- Dalam PvP, sebisa mungkin hindari auto atk dan makro, kecuali kalian yakin bisa dengan mudah mengalahkan musuh tsb. Kalian pikir kenapa ada fitur manual atk?????...baca terus ke bawah untuk menemui alasannya.

- Pursuiting technique. Dalam pengejaran, jgn pernah gunakan auto atk!!!!.Kalo kamu gunakan auto atk, maka stiap kali musuh masuk ke jarak tembak, maka kamu akan menyerangnya, namun hanya bisa sekali, setelah itu musuh akan lari lagi, dan hal ini sangat tidak efektif serta akan membuat musuh memiliki kesempatan besar untuk meloloskan diri.
Ketika musuh kabur dan kamu memutuskan untuk mengekorinya, segera gunakan senjata injurermu, dekati musuh hingga mimimal 20% dari radius radarmu (closer gets better), ganti senjatamu dgn senjata stun lock terbaik yg kamu miliki, tahan spasi untuk menyerangnya, apabila musuh telah berhasil menjauhimu hingga 60% dari radar, ulangi lagi langkah pertama. Satu hal yg perlu kamu ingat, jgn biarkan musuh memasuki peace mode. (Peace mode akan tertrigger 10 detik dari serangan terkahir yg diterima, atau 15 detik dari serangan terakhir yg dilakukan). Hitung dalam hati, apabila musuh kira2 akan memasuki peace mode, dan apabila kamu belum mencapai 20% radius radarmu, tembaklah dulu sekali untuk memperpanjang battle modenya. Dengan cara ini, musuh tidak akan bisa lepas dari kamu, jika kamu memang tidak mampu membunuhnya sendiri, maka akan ada teman2 yg datang membantumu, percayalah.

- Mentalitas............inilah penyakit utama dari sebagian besar player. Ketika melihat ada musuh datang...semuanya lsg kabur. Namun apabila ada yg melawan, dan mampu bertahan untuk melawannya, maka kemungkinan besar yg lain akan ikut membantu. Kita ranger dibekali dengan kecepatan gerak yg tinggi, selama kita mampu menjaga jarak kita, maka dipastikan kita akan mampu bertahan untuk melawan musuh dan membangkitkan semangat teman2 kita. Ensnare n sejenisnya????....well, asal kalian tahu, skill2 tsb hanya bisa digunakan dalam jarak maksimal 60% radius radar (bahkan 40% untuk magnetic webnya punisher). Dengan buff wide range lvl GM, kalian akan berada diluar area cast, selama kalian bisa menjaga jarak, maka kalian aman darinya. Cara terbaik menjaga jarak adalah dgn tidak menggunakan auto atk, tembak sekali-mundur begitu seterusnya....ini dapat menjamin keselamatan kalian dari skill2 movement disabler apabila memang kalian sedang di target.

- Usahakan untuk selalu menggunakan fitur shortcut target (Gunakan ctrl + angka untuk menggunakannya bagi kalian yg belum tahu). Dengan cara ini kalian dapat dengan mudah mentarget kembali musuh kalian apabila tanpa sengaja kalian terklik ke target lain. Cukup tekan lagi angkanya, kalian sudah kembali mentarget musuh.

- Gunakan kombinasi mouse mode dan keyboard mode. Untuk mundur dalam menjaga jarak, gunakan mouse, jgn gunakan keyboard...terlalu pelan soalnya mundurnya kalo make keyboard. Untuk mengejar, gunakan keyboard, dengan cara ini kalian dapat memotong jalan lebih mudah sementara mosue kalian bersiap2 di shortcut.



And now....contoh pengaplikasian dari semuanya:

1. Identifikasikan musuhmu, apa classnya, apa jobnya, dan berapa lvlnya. Hal ini akan sangat menetukan tindakan apa yg sebaiknya kalian lakukan. Menghindarinya, mengumpannya, atau mencoba mengalahkannya seorang diri.
2. Jika kalian merasa terlalu beresiko untuk melawannya seorang diri, larilah dulu, atau umpan mereka ke tempat teman2 kalian.
3. Setelah kalian aman dari resiko di target, segera cari posisi yg paling baik menurut kalian menggunakan kemampuan penguasaan medan kalian, dan serang musuh. Higher ground yg berada dibelakang musuh adalah tempat yg terbaik tentunya.
4. Ketika musuh tampak terdesak dan mulai melarikan diri, maka akan ada 2 kondisi
a. Adanya pursuiter (ranger lain), maka yg harus kalian lakukan adalah memperhatikan arah lari musuh, perkirakan kemana mereka ingin lari, potong jalannya dan blok mereka. Sebagai contoh, dalam keadaan menyerang, maka kemungkinan musuh akan lari ke arah markasnya, atau ke tempat dimana teman2nya yg berlvl tinggi berada (ABA spot di lembah kematian 213 misalnya). Dalam keadaan diserang, maka musuh akan melarikan diri ke portal crag mine. Prediksikan rute yg akan ditempuh musuh, dan blok mereka di tempat yg paling startegis menurut kalian.
b. Tidak adanya pursuiter lain. Maka terapkan pursuiting technique. Dalam mengejar musuh, blind spot sangat mudah kalian dapatkan, yg namanya org melarikan diri pasti ngasih blakangnya buat kita bukan????
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Thu Jan 17, 2008 8:30 pm

Ah.....baiklah, berhubung masih banyak yg merasa kesulitan untuk menerapkan apa yg saya tuliskan di guide pertama, saya akan jelaskan lebih lanjut di thread ini.
(akan lebih baik memang jika ada video klip, namun saya dah muter2 nyari ga ketemu juga, ada yg bisa bantu ga?...ato kalo ga, ada yg tau caranya bikin klip2 kek gitu?, pake software apakah itu?)

Untuk memaksimalkan potensi seorang ranger, dibuthkan latihan dan usaha yg cukup keras. But its worth, kalo kalian bisa mencapainya, maka saya jamin ranger akan ditakuti oleh lawan, dan disegani oleh kawan.

Berikut bbrp tips untuk melatih dan memanfaatkan potensi ranger:

- Penguasaan medan. Seorang ranger terlatih harus memiliki penguasaan medan yg baik. Sebab, sesuai namanya, istilah ranger sering dipakai untuk org2 yg menguasai suatu medan/alam liar (inget, cowboy, penjelajah, perambah hutan, petualang dll semuanya dikategorikan sebagai seorang ranger). Liat aja tugas2 utama ranger, scouting,sniping dll...semuanya membutuhkan penguasaan medan tingkat tinggi bukan?
Oleh karena itu, jelajahilah setiap inchi map dengan teliti, gambar peta2 tsb di dalam kepala kalian. Buat karakter2 bangasa lain agar kalian bisa lebih mengenal map2 bangsa2 lain.

Skrg...apa gunanya penguasaan medan bagi seorang ranger? Gunanya sangat2 banyak sekali.
Dalam scouting, jelas sekali fungsinya. Kalian bisa mengintai musuh dari tempat2 yg aman.
Dalam melarikan diri, kalian akan memiliki kesempatan hidup jauh lebih besar kalo kalian menguasai medannya.
Dalam pengejaran....apalagi........

Menurut pengalaman saya, 90% kemungkinan, musuh yg melarikan diri ga akan sempat meilhat peta terlebih dahulu. Pada umumnya mereka akan lari ke arah dimana yg musuhnya paling sedikit ato tidak ada yg menghadangnya. Namun hal ini sebenarnya dapat membuat mereka lari ke arah jalan buntu. Jika kalian hanya mengejarnya dgn cara mengekorinya dari belakang, kecil kemungkinan kalian dapat membunuh target karena kalian akan terus berada dibelakangnya!!!!!!!!!!! Dia muter kalian ikut muter, dia belok kalian ikut belok....its so not efektif.
Seorang ranger yg terlatih, akan dapat dengan cepat membaca situasi, kemudian memblok jalan keluar musuh. Bahkan lebih baik lagi, menggiring musuh ke jalan buntu. Dan ketika musuh menyadarinya, semuanya sudah terlambat, dia telah terkepung.
Be at the right place, at the right moment.

- Headshot...heheh...hal ini memang tidak saya tuliskan di post pertama (sebenernya sih ingin saya simpen sendiri...tapi melihat semangat kalian...jadi yah terpaksa saya bagikan....dengan senang hati tentunya heheheh). Stun adalah suatu serangan yg berhasil mengenai kepala musuh (that’s why they place chaos talic at headpiece). Dan lebih baik lagi.....chance stun akan lebih besar jika kalian menyerang dari tempat yg lebih tinggi!!!! (it’s a lot easier to snipe from higher ground right?) Jadi, kapanpun kalian melihat dataran tinggi, naikilah. Karena , dengan berdiri di tempat yg lebih tinggi dari musuhmu, kamu telah meningkatkan jarak serangmu (secara garis lurus memang sama, namun apabila dihitung total vertikal horizontal n diagonalnya maka akan berbeda, dan ini diperhitungkan!!!) yg mana akan meningkatkan damagemu n chance critmu. Manfaatkan lingkungan untuk keuntunganmu, itu adalah satu kelebihan utama ranger.

- Dalam PvP, sebisa mungkin hindari auto atk dan makro, kecuali kalian yakin bisa dengan mudah mengalahkan musuh tsb. Kalian pikir kenapa ada fitur manual atk?????...baca terus ke bawah untuk menemui alasannya.

- Pursuiting technique. Dalam pengejaran, jgn pernah gunakan auto atk!!!!.Kalo kamu gunakan auto atk, maka stiap kali musuh masuk ke jarak tembak, maka kamu akan menyerangnya, namun hanya bisa sekali, setelah itu musuh akan lari lagi, dan hal ini sangat tidak efektif serta akan membuat musuh memiliki kesempatan besar untuk meloloskan diri.
Ketika musuh kabur dan kamu memutuskan untuk mengekorinya, segera gunakan senjata injurermu, dekati musuh hingga mimimal 20% dari radius radarmu (closer gets better), ganti senjatamu dgn senjata stun lock terbaik yg kamu miliki, tahan spasi untuk menyerangnya, apabila musuh telah berhasil menjauhimu hingga 60% dari radar, ulangi lagi langkah pertama. Satu hal yg perlu kamu ingat, jgn biarkan musuh memasuki peace mode. (Peace mode akan tertrigger 10 detik dari serangan terkahir yg diterima, atau 15 detik dari serangan terakhir yg dilakukan). Hitung dalam hati, apabila musuh kira2 akan memasuki peace mode, dan apabila kamu belum mencapai 20% radius radarmu, tembaklah dulu sekali untuk memperpanjang battle modenya. Dengan cara ini, musuh tidak akan bisa lepas dari kamu, jika kamu memang tidak mampu membunuhnya sendiri, maka akan ada teman2 yg datang membantumu, percayalah.

- Mentalitas............inilah penyakit utama dari sebagian besar player. Ketika melihat ada musuh datang...semuanya lsg kabur. Namun apabila ada yg melawan, dan mampu bertahan untuk melawannya, maka kemungkinan besar yg lain akan ikut membantu. Kita ranger dibekali dengan kecepatan gerak yg tinggi, selama kita mampu menjaga jarak kita, maka dipastikan kita akan mampu bertahan untuk melawan musuh dan membangkitkan semangat teman2 kita. Ensnare n sejenisnya????....well, asal kalian tahu, skill2 tsb hanya bisa digunakan dalam jarak maksimal 60% radius radar (bahkan 40% untuk magnetic webnya punisher). Dengan buff wide range lvl GM, kalian akan berada diluar area cast, selama kalian bisa menjaga jarak, maka kalian aman darinya. Cara terbaik menjaga jarak adalah dgn tidak menggunakan auto atk, tembak sekali-mundur begitu seterusnya....ini dapat menjamin keselamatan kalian dari skill2 movement disabler apabila memang kalian sedang di target.

- Usahakan untuk selalu menggunakan fitur shortcut target (Gunakan ctrl + angka untuk menggunakannya bagi kalian yg belum tahu). Dengan cara ini kalian dapat dengan mudah mentarget kembali musuh kalian apabila tanpa sengaja kalian terklik ke target lain. Cukup tekan lagi angkanya, kalian sudah kembali mentarget musuh.

- Gunakan kombinasi mouse mode dan keyboard mode. Untuk mundur dalam menjaga jarak, gunakan mouse, jgn gunakan keyboard...terlalu pelan soalnya mundurnya kalo make keyboard. Untuk mengejar, gunakan keyboard, dengan cara ini kalian dapat memotong jalan lebih mudah sementara mosue kalian bersiap2 di shortcut.



And now....contoh pengaplikasian dari semuanya:

1. Identifikasikan musuhmu, apa classnya, apa jobnya, dan berapa lvlnya. Hal ini akan sangat menetukan tindakan apa yg sebaiknya kalian lakukan. Menghindarinya, mengumpannya, atau mencoba mengalahkannya seorang diri.
2. Jika kalian merasa terlalu beresiko untuk melawannya seorang diri, larilah dulu, atau umpan mereka ke tempat teman2 kalian.
3. Setelah kalian aman dari resiko di target, segera cari posisi yg paling baik menurut kalian menggunakan kemampuan penguasaan medan kalian, dan serang musuh. Higher ground yg berada dibelakang musuh adalah tempat yg terbaik tentunya.
4. Ketika musuh tampak terdesak dan mulai melarikan diri, maka akan ada 2 kondisi
a. Adanya pursuiter (ranger lain), maka yg harus kalian lakukan adalah memperhatikan arah lari musuh, perkirakan kemana mereka ingin lari, potong jalannya dan blok mereka. Sebagai contoh, dalam keadaan menyerang, maka kemungkinan musuh akan lari ke arah markasnya, atau ke tempat dimana teman2nya yg berlvl tinggi berada (ABA spot di lembah kematian 213 misalnya). Dalam keadaan diserang, maka musuh akan melarikan diri ke portal crag mine. Prediksikan rute yg akan ditempuh musuh, dan blok mereka di tempat yg paling startegis menurut kalian.
b. Tidak adanya pursuiter lain. Maka terapkan pursuiting technique. Dalam mengejar musuh, blind spot sangat mudah kalian dapatkan, yg namanya org melarikan diri pasti ngasih blakangnya buat kita bukan????

Another important guide

Crit terbagi 2 yaitu:

Critical damage: Yaitu serangan yg mengenai bagian vital di tubuh musuh(body part)
Critical Stun: Yaitu serangan yg mengenai kepala musuh dan mengakibatkan efek critical.
Sebelum lebih lanjut, saya akan memberikan perhitungan urutan serangan.
ketika suatu serangan dilakukan, maka urutan perhitungan2nya adalah sbg berikut:
1. Hidden evasion, apabila lolos maka (akurasi diperhitungkan disini)
2. Evasion, perhitunagn dilakukan oleh target dengan membandingkan akurasi kita dgn target itu. apabila lolos maka
3. Blocking, sda. apabila lolos maka (akurasi tidak diperhitungkan disini)
4. Serangan dianggap masuk, kemudian serangan akan memiliki chance utk mengenai salah satu dari 5 bagian tubuh (akurasi diperhitungkan disini)
5. Apabila yg terkena adalah bagian tangan, kaki (feet) dan kaki (leg), maka damage yg dihasilkan adalah minimal.
6. Apabila yg terkena adalah bagian badan, maka damage yg dihasilkan akan mendekati damage maksimal, dan bila critical, maka perhitungan critical dilakukan. (akurasi diperhitungkan disini)
7. Apabila yg terkena adalah bagian kepala, maka serangan akan mengakibatkan efek stun pada target. (akurasi diperhitungkan disini)

-Critical damage adalah serangan yg mengenai bagian vital tubuh (contohnya jantung) di chest part. critical damage akan menghasilkan damage maksimal yg dapat kamu lakukan kepada musuh (setelah dikurangi Defnya) ditambah bonus atk (up to 50% damage) tergantung dari nilai keberhasilan Def yg mampu digunakan oleh target saat terkena serangan tsb.
-Critical stun adalah semua serangan yg mengenai kepala musuh. Damage yg dihasilkan akan tetap bervariasi antara min-max damage tergantung akuarasi kita.
Jadi, akurasi membantu memperbesar suatu serangan utk dapat mengenai bagian tubuh utama, dan membantu memperbesar damage ketika mengenai kepala.
Jadi ketika meningkatkan akurasi, ke arah mana serangan akan ditingkatkan ratenya?
jawabannya tergantung jenis senjatamu. Tiap senjata memiliki main target dan akurasi serta aspd yg berbeda.
GG/Vulcan : average damage,high aspd, high accuracy, main target head
Bow: very high damage, average aspd,high accuracy, main target body
Laser gun: high damage, very high aspd, high accuracy, main target body
TK: low damage, very low aspd, very high accuracy, main target body
Spear: very high damage, average aspd, very low accuarcy, main target body
Mace: very low damage, average aspd, very high accuracy, main target head.

Semakin besar range antara min-max damage, biasanya semakin kecil chance crit dan akurasi alami dari senjata tsb.
tapi bukan berarti senjata yg memiliki main target body tidak bisa melakukan crit stun n vice versa, hanya saja prioritas utamanya sesuai dgn main targetnya.
Tips utk membedakan critical damage dgn critical stun adalah dgn menset efek ke maksimal. crit damage memiliki efek spark besar di tubuh target, sedangkan crit stun memiliki efek spark-spark kecil di sekitar tubuh target.
Di statistik yg tertulis, itu adalah akurasi (salah translate di IdRFO). Untuk crit sendiri, statusnya hidden.
Jadi intinya, walaupun kamu meiliki 100% chance crit, kalau seranganmu miss ya tetep ga berguna.
Anda bisa meilhat sendiri bahwa akurasi diperhitungkan berkali2 dalam formula urutan serangan
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Thu Jan 17, 2008 8:32 pm

more important guide..

Dodge itu bisa didapat dari:

Standar equipment:

Base Dodge: 1
Skill Evasion (ranger only): +30
Sepatu Mercy ~+7: +100
Basic Perfect Elemental: +80
Smart Weapon: +10

Agility Holy Buff (bellato only): +30
Buff Blink Evasion (cora stealer only): +50
-------------------------------------------------------------------
Total= 251 (bellato), 271 (cora, stealer), 221 (accretia&cora)
-------------------------------------------------------------------

Exotic equipment:

Leon Bow: +30 -> ganti smart weapon
Fully Upgraded Elemental: +100 -> ganti perfect elemental
-------------------------------------------------------------------
Total: 291 (bellato), 311 (cora, stealer), 261 (accretia&cora)
-------------------------------------------------------------------

more exotic equipment:

tipe c armor (smart abilities): @+10, total +50
-------------------------------------------------------------------
Total: 341 (bellato), 361 (cora, stealer), 311 (accretia&cora)
-------------------------------------------------------------------

Potion yang masuk di item mall gak dimasukkin karena menggunakan 'real life money' tapi klo mau sih silakan tambahkan saja dari total hindaran diatas.

Kesimpulannya, hindaran tertinggi dimiliki oleh 'cora stealer', 20 hindaran lebih besar dari total maximum yang mungkin dicapai bellato. Hanya saja, Blink Illusion cora stealer memberikan penalty kepada attack damage, sedangkan buff agility tidak.

Untuk accretia dan job cora lainnya (selain stealer), hindaran maksimum yang dapat dicapai adalah 30 lebih rendah daripada bellato.

credit to archernar(Rf Club)

wah yang ini kelewatt!

penting juga!

Ranger`s Role at Chip War

Bagi sebagian player (terutama bagi bellatians newbie), tentunya masih bertanya2 apa sih sebenernya fungsi dari rangers di dalam CW?....Segerombol BMAU tentunya dapat menyelesaikan CW dengan mudah bukan?....with such high def n high atk....
Actually ...no......didalam CW, ketika dihadapkan dgn segerombol ISIS 48++ atau sebarisan Striker 45++, BMAU dapat meledak dalam hitungan detik!!!. Seorang SM bahkan dapat bertahan lebih lama daripada BMAU ketika menghadapi situasi demikian.
Kelemahan utama BMAU terletak di ketidakmampuannya menggunakan potion, tidak adanya kemampuan menghindar dan blok. Belum lagi kenyataan bahwa BMAU tidak dapat ditingkatkan kemampuan battlenya dgn accessories, talic, maupun buff. Tambahan lagi moving speed BMAU yg hanya +1 (setara dgn senjata injurer). Well utk accretia mungkin tak masalah, namun utk cora....ini adalah masalah besar.
MAU memang merupakan pasukan elit bangsa bellato, namun dgn segala kekurangan2nya tsb, MAU sendiri tidaklah cukup utk dapat memenangkan CW.
Disinilah fungsi kita sebagai ranger , menutupi kelemahan2 MAU dgn kelebihan2 yg kita miliki.
Ok lsg saja, saya berikan bbrp guide dalam bentuk point2
1. Dalam keadaan defensif. Ketika sepasukan Isis telah berbaris rapi sambil mengiris2 chip kita, dimana hanya segelintir AR bermental baja saja yg berani maju (salut utk AR2 seperti ini), siapa yg paling sempurna utk mengatasinya?....kita...para rangers. Dengan range yg lebih jauh dari Isis ditambah explo vulcan, kita dapat dgn mudah menghabisi Isis 2 tsb. Most of the times, Isis2 tsb akan terkonsetrasi di suatu garis, dgn combinasi explo vulcan dan spam WS.....2 party rangers dapat menghabisi mereka dalam waktu kurang dari 30 detik. Dan ketika konsentrasi isis tsb telah menurun, maka giliran BMAU2 kita utk maju menerjang musuh. HS dan desperado sentinel adalah yg terbaik utk tugas ini.
Well than...how bout launchers?......ini malah jauh lebih mudah ditangani. Seperti yg telah saya tuliskan di post sebelumnya. 1-2 party rangers yg terkoordinasi dgn baik dapat menghabisi sebagian besar (bahkan semuanya) launcher tsb hanya dlm sekali gebrakan saja. Here`s the trick. Jgn dulu maju ke jarak tembak (ingat, jarak tembak launcher sangat jauh), semuanya cari target dulu (usahakan target yg berada di tengah barisan n paling cupu lvlnya), satu target adalah yg terbaik. Berbaris yg rapi dan sedemikian rupa sehingga timing bergeraknya dapat serentak, hitung sampe 3, kemudian secara serentak pencet shortcut WS. Bayangkan 2 party rangers melakukan hal ini...masing2 1000 damage aja...total 16k damage sekaligus...dengan area yg luar biasa luas. (paling baik kalo yg melakukannya segamenet, apalagi jejeran, timingnya lebih terjamin)
Suatu pertanyaan, apabila kita dapat melakukan taktik ini, maka seharusnya para spiritualis dapat melakukannya lebih baik daripada kita bukan karena mereka memiliki DPH(damage pet hit) yg jauh lebih besar dari kita? Jawabannya tidak!!!!!!!
Spiritualis memiliki range yg pendek (60% radius radar), bahkan utk bbrp force area jaraknya lebih pendek lagi (40% radius radar). Dan ketika menghadapi sebarisan launcher, mengambil jarak sedekat itu bukanlah tindakan yg pintar, apalagi maju secara berkelompok. 5 org striker lvl 40 dalam siege mode dapat membunuh sebagian besar atau bahkan semua anggota party spiritualis (yg cukup bodoh untuk melakukan taktik ini) hanya dalam sekali gebrakan saja!!!!. Ingat, serangan launcher selalu area (accept they use single target amoo, which is idiot enough to use in a CW)
Striker adalah job dengan DPH terbesar dari semua bangsa. Striker saya sewaktu lvl 40, hanya berbekal PT launcher 60an, frame thrower putih polos, dan siege kit lvl 40 dapat melakukan damage 2400++ dengan doom blast kepada BMAU lvl 43. Job/Class apa lagi yg mampu melakukan damage sebesar ini???. Jadi sudah sewajarnya jika Striker menjadi job yg paling menakutkan di CW, dan oleh karena itulah class bellato yg paling sempurna utk mengcounter striker adalah kita....rangers!!!!!
*Suatu fakta penting, striker ketika dalam siege mode, maka semua buff/item/talic dkk yg berfungsi menambah jarak akan diabaikan. Siege mode akan secara otomatis di set ke jarak radius radar, tidak bisa lebih. Sebenarnya striker dapat menembak dgn jarak lebih jauh dalam keadaan non siege mode apabila mereka menggunakan buff WR, grand weapon n hatred talic, namun hal itu akan menghilangkan potensi utama mereka sebagai DD. Oleh karena itu, kita sebagai ranger dapat mengatasi mereka dgn cara mengoutranged mereka.

2. Kesulitan mendapatkan deserve kill???...dont worry...keep spamming WS...n ull get ur “undeserved” kill ehehehe....Sebagian besar pvp point CW yg saya dapatkan berasal dari WS. Waktu terbaik adalah ketika terjadi pertempuran frontal. Ketika dalam keadaan kacau balau seperti itu dimana kita kesulitan mencari target, just spam ur WS....pasti bakalan dapet deh....dijamin!!!! bisa single kill, double kill, triple kill...bahkan berkill-kill.
Yg terbaik tentunya, apabila WS kalian critical stun, total stun WS adalah sekitar 3,5 detik....its long enough to make a different between life n death to the enemy. That’s why I said WS is the best skill for a ranger.

3. Barricade defensif system. Mungkin trik ini pernah kalian lihat di bbrp CW, namun bagi yg belum mengetahuinya, akan saya jelaskan. Taktik ini membutuhkan bantuan bbrp AR, para AR tsb menngunakan BMAUnya dan berdiri tepat di lubang barikade , kemudian turun (BMAU mereka menjadi barikade bayangan yg menghalangi pandangan musuh). Hal ini akan membuat musuh kesulitan utk mentarget unit2 non BMAU yg berada dibelakang. Kita bisa mendapatkan free shot dgn cara ini. Work best to fight against Corite.

4. Back-up ambusher. (di thread sebelah ada yg telah memberikan taktik ini, n thanks to that, saya bisa menyempurnakan post saya yg ini) Best done by infiltrator. (Cora sepertinya agak sulit untuk punya ky gini yah?) 1-2 party infiltrator menghadang jalur back up musuh. Banyak variasi yg bisa dilakukan disini, mulai dengan menaruh trap di lubang2 barikade, sampai dengan mengumpan musuh ke jalur yg salah.
Back up adalah unsur yg penting dalam sebuah peperangan. Dengan cara memotong jalur back up, atau setidak2nya memperlambat back up tsb, akan berdampak besar pada musuh yg berada di garis depan. Jgn terlalu takut thd pasukan backup...karena mereka biasanya berjalan sendiri2, ataupun dalam kelompok2 kecil saja. Terlebih lagi biasanya mereka sudah dilemahkan cukup drastis oleh para lazhuardian (those bastard debuffer). Jadi, membunuh mereka relatif gampang.
Dalam mengambush, ada banyak spot2 yg bagus digunakan sebagai tempat menunggu, seperti dibalik mobil2, dataran2 tinggi yg terlindung, tepi2 jalan, dll (silahkan explorasi map crag mine utk lebih jelasnya), pokoknya tempat yg kecil kemungkinannya musuh akan menghadapkan kamera mereka ke arah tsb. (well...memang bisa saja anda nongkrong di tengah2 jalan, namun demi keamanan dari para revealer) Dalam keadaan scouting tsb, jgn lupa gunakan sattelite view sehingg kita dapat mendeteksi musuh lebih dini.
Akan lebih baik lagi jika ada 2 SM+HC sebagai pengalih perhatian.
Dalam keadaan terdesak, jgn malu2 utk ambil langkah seribu. Karena tujuan utama dari tatktik ini adalah menghambat datangnya bala bantuan musuh. Dengan melarikan diri, maka ada kemungkinan musuh akan mencoba mengejarmu, bawa mereka ke arah yg salah, ini akan membuat mereka membuang2 waktu mereka dan membuat tujuan utama kita tercapai.

5. Dalam keadaan offensif......well...what can I say....we are a lot more useful than BMAU in this situation. Sapa lagi yg bisa menghabisi se”party” chip guardian hanya dgn sekali skill selain kita?. Menyerang chip?.....itu adalah keahlian kita para rangers. Ingat, ranger adalah DPSer, dan dalam menyerang chip, kita dapat memanfaatkan seluruh potensi dan kemampuan kita itu secara maksimal. No other class can defeat us in DPS. Saat damage telah terbentuk, bahkan BMAU pun bisa kalah damage dengan kita. Dan kita dapat menyerang chip dari jarak yg relatif lebih aman daripada class2 lain. Tambahan lagi, kita ga pake acara sangkut menyangkut di barikade seperti para MAU hehehehe.

6,7,8,9 dst...hehehe...silahkan kembangkan sendiri taktik2 kalian dan post disini demi kepentingan bersama.

Important fact:
- Tahukah kalian bahwa bellato itu adalah bangsa yg paling sulit di target? Pengalaman pribadi dan pengalaman teman2 saya ketika bermain bangsa lain, bellato itu amit2 bener mo nargetnya, dah kecil, lincah pula,susahnya mentarget unit non MAU di CW. Bahkan striker yg notabene paling gampang narget musuh( berhubung ga pake maju2 kalo salah target alias ke klik tanah) masih merasa kesulitan. Apalagi ketika dalam CW dimana BMAU dan unit2 non BMAU campur aduk, maka 99% kemungkinan yg terklik adalah para BMAU. Jadi dalam CW, kalo kalian takut di target, mepet2 aja terus ama BMAU, dijamin aman deh.
- Dari semua bangsa, chip bellato memiliki tempat yg paling startegis dan paling mudah di defend. Kenapa?...well...
a. Jalanan memutar yg relatif lebih pendek membuat kita dapat membokong musuh lebih cepat
b. Dari arah Chip accre, setelah barikade, maka musuh akan menemui jalanan naik yg sangat curam. Percaya atau ga, hal ini sebenarnya sangat rentan bagi musuh. Sewaktu mereka memanjat naik, kamera mereka hanya bisa melihat tanah!!!!. (Coba deh tongkrongin bbrp BMAu tepat di puncaknya, bakal banyak musuh yg kaget ktika tiba2 layarnya berubah dari tanah menjadi sesosok BMAU) Ga percaya?...silahkan main bangsa lain.
Namun apabila mereka berhasil mepet kekanan dan berjalan menuju dataran di puncaknya, maka mereka akan lsg dapat melihat chip kita (jika mereka terus lurus melalui daerah yg datar mereka harus berhadapan dgn banyak guardian sebelum dapat melihat chip), dan relatif aman dari guardian.Nah spot ini sebenarnya merupakan daerah yg paling rentan thd gempuran. Accretia yg biasanya paling sering memanfaatkan spot ini utk membetuk barisan launcher mereka. Oleh karena itu, pengamanan ekstra dibutuhkan utk spot ini, usahakan agar musuh tidak dapat mendudukinya.
A well placed turret dan bbrp BMAU serta unit2 lainnya dapat digunakan utk menjaga spot ini.

credit to Angerstorm (RF Club)

Semoga berguna bagi mereka yang memiliki ranger (baik Cora, Bellato, dan Accretia)
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by d h e a on Sun Jan 20, 2008 9:16 am

knp anak cwo sneng bgt maen rf atou dota ?
avatar
d h e a
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 335
Age : 24
Location : . hell .
Registration date : 15.12.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Julz™ on Sun Jan 20, 2008 2:41 pm

Sheizan males banget baca guide bwat ranger, ada guide bwat warrior kaga???

Julz™
anak biasa saja
anak biasa saja

Jumlah posting : 52
Age : 23
Registration date : 17.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by fantacool2 on Tue Jan 22, 2008 7:36 pm

dari pada ngerusuh di lunar mending ngerusuk di "WC" ?????
avatar
fantacool2
anak baru
anak baru

Jumlah posting : 8
Age : 24
Registration date : 17.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sheizan on Tue Jan 22, 2008 9:04 pm

umm... buat warrior yah?

lom nyari uy...

km puni/assaulter/merce?

kalo puni gw saranin senjata +igno 2 lah....
assaulter bisa pake knife non tameng(dari gladius) ato spadona(destroyer)
Merce, bawa pot banyak.....

saran saya ajah

(maap untuk doble post diatas, kayanya ke klik 2 kali deh, ko gak bisa gw hapus ya?)
avatar
Sheizan
anak rajin sekali
anak rajin sekali

Jumlah posting : 733
Age : 24
Location : Sea of Fate
Registration date : 06.12.07

Lihat profil user http://z4.invisionfree.com/smp_negeri_2_bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by AmoN_sHi on Fri Jan 25, 2008 3:20 pm

kepanjangan bo!!!!!!!!!!!
avatar
AmoN_sHi
Modérateur
Modérateur

Jumlah posting : 131
Age : 24
Location : Bandung, Indonesia
Registration date : 08.12.07

Lihat profil user http://www.friendster.com/amonshi

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by fantacool2 on Sat Jan 26, 2008 8:46 pm

mau nanya nih ap sih seru nya maen game ????? game kan bikin kita bodh !!!!! apalagi kalau dah kecanduan game huhuhu waktu ama pelajaran bisa lupa deh !!! mana sekarang kelas 3 inget UN !!! pada mau ke sma 3 gk ??? cuman kasih saran game senang nya cmn sementara kalau pelajaran masa depan terjamin ???? emang ap sih manfaat nya game online ???? saat nya intropeksi inget kelas 3 ???? kalau dah lulus dah masuk sma mungkin bisa di lanjutin lagi tapi dengan jadwal yg tidak terlalu sering seperti 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali asal jangan tiap hari aj ??? cuman saran y THq for all
avatar
fantacool2
anak baru
anak baru

Jumlah posting : 8
Age : 24
Registration date : 17.01.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: RF CLUB

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik